Seribu Jalan Mulus, Usulkan Rp 30 M

Seribu Jalan Mulus, Usulkan Rp 30 M

\"jalan-01\" BENGKULU, BE - Meski sejak masa kepemimpinan Walikota H Helmi Hasan dan Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda, anggaran pembangunan dan perbaikan infrastruktur terus meningkat, rupanya hingga kini belum mampu menuntaskan program 1000 jalan mulus.

Senan itu, dalam APBD tahun 2017 mendatang, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu akan mengusulkan anggaran hingga Rp 300 miliar untuk menutaskan program tersebut.

\"Itu asumsi kita ketika misalnya cukup dengan Rp 100 miliar kenapa tidak,\" ujar Sekretaris daerah kota, Marjon MPd.

Menurutnya, asumsi memang harus lebih besar karena pihaknya juga memikirkan fluktuasi harga. Jangan sampai ketika proses pembangunan berjalan anggaran kurang sehingga berhenti di tengah jalan. Namun jika anggaran tersebut berlebih tentu akan segera dialihkan ke bentuk pembangunan lain sesuai kebutuhan masyarakat, sehingga tidak ada anggaran yang mubazir.

\"Jadi masalah pembangunan atau anggaran kebutuhan masyarakat kedepan tetap kita pada posisi infrastruktur yang tertinggi di dalam APBD kita,\" tukasnya.

Diketahui, untuk jalan lingkungan, target yang tercapai baru 56 persen, sehingga akan dituntaskan di tahun 2017 untuk mencapai 100 persen. Selain itu, dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan dan pembangunan jalan raya yang masuk dalam program bidang bina marga, seperti Jalan Lingkar Barat serta Jalan Rafflesia.

Marjon memastikan, persentase anggaran di tahun 2017, bidang infrastruktur tetap akan dialokasikan tertinggi dibanding pos lain. Apalagi hal ini sudah masuk kedalam target pencapaian yang termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

\"Optimis saya jika kondisi jalan itu seperti sekarang. Tapi kalau tahun depan ada pembukaan jalan baru mungkin belum terprogramkan. Tapi paling tidak sudah mendekati cukup,\" pungkasnya.

Selain itu, Dinas PU di tahun 2017 mendatang juga akan memfokuskan pebangunan trotoar dari Bandara Fatmawati hingga Kampung dengan anggaran mencapai Rp 35 miliar. Sekda optimis, dengan besarnya anggaran infrastruktur tersebut akan mampu mencapai target sesuai yang tertera di RPJMD Kota Bengkulu.(805)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: